Rabu, 21 September 2011

MU vs Chelsea: Empat Gol, Empat Gagal



Mencoba mengomentari kekalahan Chelsea 1-3 saat bertandang ke Old Trafford, dalam big match melawan Manchester United akhir pekan lalu. Tidak bisa dipungkiri MU sekarang menjelma menjadi tim yang sangat kuat, lebih kuat daripada musim lalu. Rooney dan Nani yang semakin matang, ditambah pemain baru seperti Alex Young dan kiper David De Gea yang semakin klop dengan permainan tim, menambah kekuatan MU hingga tidak mudah dikalahkan.

Setelah prediksi saya yang sedikit meleset tengah minggu kemarin, nyatanya tuan rumah Benfica mampu menunjukkan perlawanan sengit dan memaksakan hasil imbang 1-1. Namun empat hari kemudian di Liga Inggris, MU kembali bangkit dan secara perkasa membuat Chelsea kebobolan tiga gol di babak pertama.

Banyak pihak yang menjagokan MU menang, namun tidak banyak yang menyangka mereka akan mendapatkan kemenangan secepat itu. Dan benar saja defisit 3 gol tidak mampu dikejar Chelsea yang hanya bisa mencetak 1 gol balasan di babak kedua.


Ada yang menarik dalam pertandingan malam itu selain kemenangan tiga kali berturut-turut MU di awal musim. Yaitu banyaknya peluang emas yang terbuang sia-sia. Terhitung empat kali penyerang kedua tim membuang peluang emas secara konyol. Dua untuk MU, dua untuk Chelsea.

1. Ramires
Dalam keadaan tertinggal 0-1, Chlesea mendapat peluang emas lewat Torres yang menang adu lari lawan bek MU. Bola dioper ke tengah pada Ramires dan Sturridge yang berdiri bebas sejajar dan tinggal berhadapan dengan kiper yang mengambil posisi terlalu ke kanan. Alih-alih membiarkan bola kepada rekannya yang posisinya lebih baik, Ramires memaksakan menendang bola yang hanya bergulir pelan dan mudah dihalau De Gea.

2. Wayne Rooney
Rooney berpeluang memperlebar jarak menjadi 4-1 ketika bersiap mengeksekusi pinalti setelah terjadi pelanggaran terhadap Nani. Namun sesaat sebelum melepaskan tendangan, kaki kirinya yang menjadi tumpuan terpeleset sehingga bola hanya bergulir pelan ke samping kiri gawang Chelsea. Sayang sekali ia terpeleset di rumput di kandang sendiri tempat sehari-harinya biasa berlatih.

3. Fernando Torres
Torres yang malam itu tampil dengan performa terbaiknya bisa saja mengubah hasil pertandingan andai aksinya ini tidak berujung kekonyolan. Lolos dari sela-sela pertahanan dua pemain MU, ia tinggal berhadapan dengan penjaga gawang. Dengan sekali feint ke arah kiri ia berhasil mengelabuhi De Gea dan tinggal selangkah lagi mencetak gol. Namun entah kenapa tendangankaki kirinya malah melebar ke samping kanan gawang MU yang sudah kosong.

4. Dimitar Berbatov
Menjelang akhir pertandingan, lewat serangan balik yang sangat cepat Rooney berhasil menusuk ke jantung pertahanan Chelsea. Melihat Petr Cech yang maju ke depan, Rooney segera mengoper bola pada Berbatov yang berlari tanpa kawalan di sebelah kanan. Namun Berba malah kehilangan keseimbangan dan sepakannya telalu pelan. Ashley Cole berhasil menyelamatkan gawang Chelsea. Berbatov sendiri jatuh terjungkal.


Entah ada apa di stadion Old Trafford malam itu, atau apa yang terlintas di benak mereka, namun emapat pemain kelas dunia yang membuang sia-sia peluang 99% gol dalam satu pertandingan jelas bukan sesuatu yang sering terjadi.

Mungkin perlu juga membuat hastag di twitter dengan #PeluangGagal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar