Minggu, 25 September 2011

Atalanta, Mulai dari Minus


Menarik ketika memperhatikan klasemen sementara Liga Italia sampai malam ini. Yaitu melihat Atalanta yang bercokol di peringkat 14 klasemen dengan poin 4. Sebenarnya peringkat 14 juga bukan merupakan prestasi bagus, dan tim sekelas Atalanta sudah sering naik-turun di sekitar posisi itu. Namun akan menarik jika kita ingat bahwa Atalanta memulai musim ini dengan nilai minus.

Ya, Atalanta memulai musim kompetisi 2011/2012 dengan hukuman pengurangan poin, karena keterlibatan sang kapten, Cristiano Doni dan beberapa pemain lain dalam skandal pengaturan skor musim lalu. Akibatnya FIGC mengurangi poin awal Atalanta menjadi -6 (minus enam).
Empat pertandingan Serie-A digelar, ternyata Atalanta berhasil mengejar ketinggalannya. Minus enam sudah jadi positif satu pada pekan lalu. Dan tren positif Atalanta berlanjut di pekan ini dengan kemenangan 2-1 di kandang Lecce. Atalanta pun naik ke peringkat 14.

Posisi ini sebenarnya masih bisa digeser Parma atau Roma - yang baru bertanding beberapa jam lagi-, hingga ke posisi 15, posisi tiga strip di atas zona merah. Ya memang biasa sekali.

Namun tunggu dulu, perhatikan baik-baik. Atalanta adalah satu dari tiga tim, bersama Juventus dan Udinese, yang belum terkalahkan sampai pertandingan ke empat musim ini. Bahkan mereka mengoleksi tiga kemenangan, lebih banyak daripada sang pemuncak klasemen, Juventus, yang baru menang dua pertandingan. Ini berarti, jika saja Atalanta tidak mendapat hukuman pengurangan enam poin di awal musim, bisa dipastikan merekalah yang memuncaki klasemen pekan ini dengan 10 poin, hasil dari tiga kemenangan dan satu seri. Ya, klub yang bernama lengkap Atalanta Bergamo inilah yang lebih pantas duduk di peringkat satu pekan ini, bukan Juventus.

Atalanta si Pemuncak Klasemen

Kita tunggu saja apakah tren positif Atalanta akan berlanjut pada pekan berikutnya, atau cukup sampai pekan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar